Sebenarnya, sales banyak macamnya. Jika secara umum dipilah - pilah, maka paling tidak ada 3 jenis sales utama, yaitu sales distribusi, sales direct, dan sales promo, plus satu tambahan yaitu sales mixed. Nah, berikut ini detilnya :
1. Sales Distribusi
Sales distribusi adalah sales yang tugasnya mendistribusikan produk pada reseller/outlet/toko. Sales seperti ini sifatnya rutin, jadi biasanya mendapat gaji tetap meski pendapatan variabel serta bonus juga ada. Sedikit atau banyaknya penjualan lebih tergantung pada tingkat serapan pasar secara umum, jadi faktor marketing (iklan, promo, dlsb) sangat berpengaruh terhadap kuantitas jual sales. Beberapa keahlian yang harus dimiliki sales jenis ini diantaranya :
- Daya jelajah. Karena tugasnya distribusi, maka daya jelajah sangat penting. Setiap sales mengcover suatu area dan melakukan kunjungan rutin di outlet - outlet yang ada di areanya secara dengan siklus tertentu.
- Mampu menjalin hubungan jangka panjang. Hal ini penting bagi sales distribusi. Setiap langkahnya adalah untuk menjalin hubungan jangka panjang, bukan barang laku lantas menghilang. Untuk mampu menjalin hubungan jangka panjang, maka kejujuran adalah hal terpenting. Sekali berlaku tidak jujur, retailer tidak akan mau lagi mengambil produk dari sales tersebut.
- Tidak mudah jenuh. Setiap kegiatan rutin rentan menimbulkan kejenuhan. Dari hari ke hari, tugas sales distribusi relatif sama. Jika mudah jenuh, ritme kerjanya bisa terganggu dan tentu saja itu akan mengganggu siklus yang pada akhirnya menimbulkan protes retailer - retailer yang rutin mengambil produk dari sales tersebut.
Contoh sales jenis ini : Sales rokok dan kebutuhan harian bermerk.
2. Sales Direct
Sales direct adalah sales yang tugasnya langsung menjual produk pada konsumen. Pendapatannya sangat tergantung pada kemampuan jualnya, jadi biasanya jika ada gaji pokok, nilainya sangat kecil. Porsi pendapatan jauh lebih besar pada pendapatan variabel/komisi bergantung jumlah penjualan. Di sini selling skill berperan besar karena hal itu menentukan mampu atau tidaknya sales melakukan penjualan. Beberapa hal yang perlu dimiliki sales jenis ini diantaranya :
- Impresi. Sales jenis ini butuh kesan pertama yang menggoda, jadi biasanya ia tampil rapi jali dengan kartu nama "marketing eksekutif" atau "sales eksekutif", tidak seperti sales distribusi yang kadang berpakaian saja ala kadarnya. Tipikal sales jenis ini yang sering dikonotasikan dengan term "sales" yang jual-lari hanya demi mengejar komisi.
- Presentasi. Kemampuan presentasi sangat penting. Ia tidak sekedar mendistribusi, tapi juga perlu membangkitkan minat karena tugasnya menjual ke konsumen. Bagaimana ia menawarkan produk dan cara - cara pendekatannya pada calon konsumen sangat menentukan hasil yang ia dapat.
- Koneksi. Biasanya sales jenis ini memasarkan produk bukan berbasis geolokasi, tapi berbasis kanal. Di sini koneksi/relasi sangat penting. Sales yang tidak gaul akan sulit menemukan prospek - prospek baru untuk menjadi target penjualan produknya. Jadi selain menjual, sales jenis ini memang perlu bergaul dan bersosialisasi.
Contoh sales direct : Sales perumahan, mobil, elektronik, kartu kredit, asuransi, dll.
3. Sales Promo
Jika anda pernah mendengar SPG (Sales Promotion Girl), maka sales promo adalah yang seperti itu. Ia menjual, tapi fungsi sebenarnya adalah dalam hal marketing secara keseluruhan. Ia membawa citra produk. Tidak jarang sales jenis ini membagi - bagi marchandise pada pembeli - pembelinya. Sales ini tidak benar - benar untuk mencari profit, tapi justru lebih ke expense. Jika dipandang secara langsung, sales ini adalah pengeluaran bagi perusahaan. Jadi, biasanya dipekerjakan seperlunya saja, tidak reguler. Beberapa hal yang perlu dimiliki sales promo diantaranya :
- Penampilan menarik. Untuk mempresentasikan sebuah brand itu menarik, seorang sales juga dituntut untuk tampil menarik. Selain itu, sales promo itu sendiri sering difungsikan sebagai magnet untuk menciptakan traffic.
- Ramah dan informatif. Ia tidak sekedar menjual, tapi juga memberikan edukasi pasar sekaligus menjawab pertanyaan - pertanyaan konsumen untuk produk yang ia bawakan.
- Mampu membujuk. Ini penting bagi seorang sales promo. Agar konsumen mau membeli produk yang ia bawakan, ia harus mampu membujuk. Untuk perusahaan - perusahaan consumer goods, seorang pelanggan menjadi loyal harus diawali dengan trial/mencoba dulu pada awalnya. Seorang sales promo bertugas menjual terutama dalam rangka trial ini. Jika cocok, konsumen akan rutin membeli produk dari kanal - kanal distribusi yang ada.
4. Sales mixed direct - distribusi
Sales jenis ini fungsinya mendistribusi, tapi targetnya langsung ke konsumen. Keahlian yang dibutuhkan relatif sama dengan sales distribusi. Biasanya produk - produk yang dijual bukan produk branded. Contohnya saja barang - barang komoditas seperti sayur mayur, tahu, daging, dan kebutuhan - kebutuhan harian lainnya. Sales seperti ini banyak kita temui, dan biasanya adalah tipe sales mandiri.
Seperti biasa, tidak ada referensi di sini. Sekedar berbagi info secara personal aja :). Lagipula tema selling tidak terlalu menarik di Internet meski pada kenyataannya penting dalam keseharian.
Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Opini |
10 years ago
Grosir sembako : Optimasi belanja
-
Seorang rekan pembaca blog bertanya tentang cara menghemat ongkos transport
agar kita bisa menjual barang lebih murah sehingga lebih kompetitif. Saya
jadi ...
Strategi |
10 years ago
Marketing atau Pemasaran Dalam Pemahaman Yang Sederhana
-
*Marketing/pemasaran gampangnya adalah suatu mekanisme untuk membuat
produk/jasa diterima di pasaran. Konsumennya terus menerus membeli, dan
reselernya ter...
Pemasaran |
11 years ago
Kontes Video Iklan via Youtube
-
Iklan TV dibuat dengan biaya mahal, ditayangkan dengan tarif yang mahal,
untuk menyasar konsumen yang kian hari kian akrab dengan gadget dan
internet. Bagi...
Ide |
11 years ago
Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Skill |
11 years ago
Prinsip Dasar Menjual untuk Wiraniaga Toko
-
Inti dari bisnis toko adalah menjual. Segala kegiatan lain hanyalah
pendukung dalam hal proses menjual. Pada prinsipnya, hanya diperlukan 3
dasar dalam me...
Selling Stuff |
11 years ago
Alkohol Yang Membunuh
-
Barusan baca berita, di India, pesta miras berujung tewasnya ratusan jiwa tak
bersalah. Ternyata minuman beralkohol oplosan tidak hanya di Indonesia. Di
In...
Popnews |
12 years ago
Mengejar Pasif Income
-
Kalo orang bilang sih, pasif income adalah income yang didapat karena aset
yang kita miliki, bukan karena kerja yang kita lakukan. Mudahnya saja untuk
blog...
Bisnis Online |
14 years ago
Poside : Sebuah Blog Pribadi
-
Rumah maya. Mungkin lebih tepatnya begitu. Dengan makin maraknya blog
abuse, atau penggunaan blog secara semena - mena untuk mendapatkan
penghasilan via *i...
Blogger Tips |
15 years ago
Internet Download Manager Portable
-
Kalau anda suka ke warnet dan biasa membawa flashdisk, tool ini sangat
berguna untuk membantu memanage download anda. Sifatnya yang portabel,
tanpa perlu i...
Software |
15 years ago
Membuat Top Komentator Blogger Blogspot
-
Menampilkan top komentator pada dasarnya adalah sebuah bentuk penghargaan
bagi komentator - komentator blog kita. Di blog ini, ada 5 komentator
terbanyak y...
Blogger Tutorial |
15 years ago
20+ Desain Blog Bernuansa Alam
-
Gaya natural atau alami banyak dipakai sebagai tema mendesain blog. Dari
rerumputan yang hijau hingga langit yang biru, semua bisa dilihat dari sisi
arti...
Desain |
15 years ago
3 komentar:
artikel anda sangat bermanfaat bagi saya
apa perbedaan sales corporate sama sales exibhition
makasih
Post a Comment
Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.