Ceria Internet Unlimited ETS 2052

Sudah pernah mendengar tentang telepon Ceria dari Sampoerna Telekomunikasi Indonesia? Ya, Ceria yang dulu identik dengan Dewi Persik itu kini mulai aktif memasarkan layanan data. Ceria Internet -atau Internet Ceria- merupakan salah satu pilihan menarik untuk koneksi internet secara hemat dan fleksibel. Sistemnya sederhana. Setiap paket yang anda pilih, nilai nominalnya akan secara langsung dikurangi dari saldo pulsa anda. Tanpa berlangganan. Mirip dengan Flash untuk pelanggan prabayar.

Terdapat beragam paket data servis yang bisa dipilih, diantaranya :
Harga Paket (Rp)
Lama Penggunaan
Masa Berlaku
Konversi Tarif (Rp)
per jam


per menit
10.000
8 jam online
5 hari
1.250
20,8
20.000


18 jam online
10 hari
1.111
18,5
50.000
60 jam online
30 hari
833
13,9
100.000
130 jam online
30 hari
769
12,8
150.000


Unlimited (tanpa batas pemakaian) 30 hari
30 hari
208
3,5
Paket terminal/modem yang ditawarkan :
  • Huawei ETS 2052
  • Kabel data USB
  • Charger
  • Batre
  • Kartu perdana berisi pulsa senilai 10.000
Paket tersebut ditawarkan dengan harga Rp 599.000,-
Untuk daerah bersinyal lemah juga disediakan antena outdoor seharga Rp 100.000,-

Cara Aktivasi Layanan Internet

1. Registrasikan kartu. Caranya standar, bisa via phone atau SMS. Setelah itu ketik "data 10" -tanpa tanda kutip- dan kirim ke 888 untuk membeli paket data senilai 10.000
2. Koneksikan perangkat ke komputer. Di windows explorer akan muncul drive baru dengan nama ETS yang berisi software untuk koneksi. Silahkan diinstal.
3. Setelah terinstal, jalankan program dan buat akun koneksi baru dengan parameter sebagai berikut :

Profile name : Ceria
Username : internet
Password : ceria

Parameter yang lain tidak perlu diubah. Setelah itu simpan.
4. Klik connect. Jika setting anda benar maka otomatis akan muncul portal Ceria dimana anda bisa melakukan banyak hal, termasuk memonitor durasi penggunaan maupun pembelian paket data.
5. Sudah, itu saja. Anda bisa berinternet ria dengan Ceria.

Setelah coba speedy, indosat, dan flash via kartu As, akhirnya saya pakai Ceria Unlimited. Lumayanlah. Selain jaringan loggar, magrib - magrib koneksi lancar - lancar saja. 153kbps sudah cukup untuk kebutuhan saya. Sehari download file dan copy website pakai teleport bisa dapat hingga 1GB/hari. Lumayan kan? Berhubung saya nggak mau rugi, ETS 2052 itu benar - benar harus bekerja ekstra keras melayani saya siang malam.

UPDATE (20 Juni 2009)
Mulai pertengahan Juni ini, kualitas koneksi Ceria menurun signifikan, paling tidak di daerah saya, Karanganyar. Beberapa hal yang paling sering terjadi diantaranya :
1. Transfer data tidak stabil. Hal yang paling serig terjadi adalah loading page yang berhenti di tengah jalan karena transfer yang lambat. Akhirnya page yang keluar adalah : Network Timeout, server malas melayani koneksi lambat.
2. Koneksi tidak stabil. Ini paling sering terjadi saat peak time, jadi antara jam 6 sore - 9 malam, koneksi sering terputus sendiri.
3. Gagal koneksi. Yang paling sering terjadi adalah kesalahan name/password yang tidak dikenali server. Ini menunjukkan server yang tidak bekerja, error, atau dalam maintenance. Masalah ini terhitung sering, jadi saya terpaksa ngganggur dan nunggu, bahkan saat harus membalas YM atau email yang urgent bagi saya.

Dari sisi sinyal sebenarnya tidak masalah, karena saya mendapat sinyal full. Jika melihat jumlah pelanggan Ceria, saya yakin jumlahnya juga belum terlalu banyak. Mengapa ini bisa terjadi? Mungkin ini memang harus saya tulis di sini untuk mendapat respon. Sebelumnya saya sudah berusaha menghubungi penyedia layanan secara privat, baik via phone maupun email. Melalui phone, setelah menunggu respon berupa iklan RBT yang lamanya nauzubilah, ahirnya ada jawaban : semua customer servis kami sedang sibuk melayani pelanggan lain. Tidak kurang cara, saya coba kontak via email. Di email tertulis respon paling lambat sehari pada jam kerja. Tapi ini sudah hampir seminggu tidak ada respon sama sekali. Oh, well. What should i do? Akhirnya saya tulis di blog ini. As u see, di bagian atas saya sempat puas dengan layanan Ceria, tapi nampaknya koneksi di Indonesia memang ujung - ujungnya seperti ini. Jika memang saya mengalaminya sendiri mungkin saya diam saja, tapi saya me-resale juga. Bagaimana nanti kredibilitas ini saya jaga kalau kualitas koneksinya seperti ini? Saya akan kelelahan berkutat dengan alasan yang tidak terkonfirmasi.

Bagaimana ini bagian data service Ceria? Ada yang baca? Apakah pembaca ada yang megalami hal seperti saya? Please share guys..., i'm stuck here..

UPDATE (23 Juni 2009)
Skrinsut Page Cinta dari Ceria :


UPDATE (25 Juni 2009)
Kecepatan kembali lumayan. Berikut skrinsyut hasil pengukuran menggunakan speedtest M2 pada jam 1 siang.

- Jam 3 sore, kecepatan turun lagi. Download 33kbps, upload 18kbps.
- Jam 6 sore saya test lagi. Kecepatan jadi download 117kbps, upload 85kbps. Wah, sudah kembali seperti semula rupanya. Semoga ga lemot lagi. Asik - asik...

UPDATE (30 Juni 2009)
Ceria Internet stabil. Rata - rata kecepatan koneksi masih di kisaran angka wajar seperti info di atas. Jika anda juga ingin memakai Ceria internet, andapun bisa memesannya di sini. Kebetulan teman saya ada yang jadi manager di sana, so, kemungkinan besar produk bisa diantar langsung ke rumah anda tanpa tambahan biaya. Harapan saya sih, blog ini bisa jadi sarana bertukar info tentang Ceria internet secara jujur. Pas bagus bilang bagus, pas jelek bilang jelek. Apa adanya saja. Dengan sambungan internet lancar, bisnis internet saya juga bisa berjalan lancar. Lumayanlah buat menginvestasikan waktu luang.

UPDATE (2 Juli 2009)
Grrh..., lemot lagi. Rasanya sudah cukup deh. Nggak saya perpanjang unlimitednya. Dengan keharusan "modem khusus" untuk layanan ini, harusnya Ceria bisa lebih baik. Keharusan menggunakan modem khusus di 450Mhz harusnya menjadi tanggung jawab provider untuk bisa melayani lebih baik, bukan sebaliknya. Bermain di frekwensi sendiri, ternyata sama yang frekwensi 800an aja masih kalah. Fyuh..., what can i say. I'm done.

UPDATE (19 Agustus 2009)
Hehe, .. hari ini internet Ceria kenceng lagi. Setelah beberapa lama berkutat dalam hitungan bytes/detik atau kbytes/menit..^_^, kini hitungan kembali ke normal, kbps atau kilobytes/detik. Ini screenshotnya :

Dicek pakai tools pihak ketiga yaitu IM2 biar adil. Kabarnya, koneksi keong karena Ceria lagi pasang kabel fiber optik. Yah, .. moga - moga aja tetap kencang seperti ini.

UPDATE (9 September 2009)
Yak, masih normal. Tidak ada kendala. Sudah hampir sebulan tanpa masalah, jadi problem yang kemarin sudah terlewati n layanan ini layak buat direkomendasikan. Kalau ada yang berminat, anda bisa pesan di blog ini juga lho, selama bulan ramadhan, tiap pembelian langsung mendapat koneksi gratis 1 bulan. Lumayan kan? Sembari nunggu buka, anda bisa menghabiskan waktu berinternet ria. Ceria produknya mungkin tidak banyak, jadi agak sulit ditemukan di toko atau konter - konter. Kalau anda pesan di sini, informasi akan diteruskan ke petugas Cerianya langsung. Nggak sampai seminggu barang pasti sudah di tangan. Ceritanya saya lagi bantuin temen nih biar capai target. Yak, untuk yang jauh - jauh aja ya, kalo dekat - dekat sini, ntar takutnya bikin koneksi saya jadi lemot lagi klo banyak yang pakai, hehe.

UPDATE (13 September 2009)
Lemot lagi, sudah 2 hari ini. Kalau  belum ada pemberitahuan selanjutnya, berarti masih lemot. Moga - moga saya tidak malas update kalau ceria sudah membaik lagi.

UPDATE (14 September 2009)
Udah beres, kenceng lagi. Ini saya update tanggal 24 September. Sekalian mohon maaf untuk keterlambatan update keluhan di atas. Email yang saya kirim ke Ceria juga baru hari ini dibalas sih.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

15 komentar:

Cahyouuu. said...
Menanggulangi problem anda di atas yakni internet ceria sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Mungkin tips di bawah ini bisa membantu:
1. Buang jauh-jauh modem anda
2. Robohin BTS yang ada
3. Share ke orang yang anda jumpai supaya jangan ikut termakan tipuan internet ceria yang gombal belaka
BudiTyas said...
Sementara ini saya masih menggunakan Ceria Internet, cuma bukan yang unlimited, tapi jam - jaman. Karena kadang cepat kadang lambat, saya pilih online saat koneksi sedang cepat saja. Klo kecepatan stabil, baru saya isi buat yang unlimited lagi. Setelah mencoba yang lain ternyata sama aja. Nggak ada yang stabil koneksinya. Cuma enaknya ceria, billing penggunaannya tereport di web, jadi ada bukti penggunaannya. Jam berapa hingga jam berapa.
Intern said...
Ceria lebih banyak troublenya daripada sehatnya. Lagian mahal alatnya juga mahal. Hari gini unlimited 150rb? Yang lain banyak yang lebih murah lebih cepat. Kalo ga hidup di gunung mending coba yang lain dulu deh. Ceria mah dari dulu bikin apa - mana mana ada yang serius, banyakan gencet salesnya doank.
BudiTyas said...
Saya tidak bisa berkomentar banyak karena di sinipun kecepatannya memang, yah....

Calon pembeli modem biasanya orang - orang yang sudah kenyang browsing, gemar buka - buka halaman internet. Mereka terhubung dengan dunia. Mungkin Sampoerna Telekom agak kesulitan membedakan cara direct selling jualan modem dengan direct selling dasi sama kaos kaki.
Jaenal said...
Kl yg ndeso2 sprtinya ga ad pilihan lain selain ceria, walo makenya ga jam jaman juga ga pa2, daripada nunggu ad jaringan 3G, sampai kapan???
BudiTyas said...
@Jaenal
Anda benar. Ceria memang sejak awal basisnya pedesaan. Persaingan di perkotaan sangat ketat meski potensi penggunanya tinggi. Meski begitu, standar kualitas sebuah layanan juga sepatutnya diperhatikan. Sebuah perusahaan tidak bisa berkompetisi hanya dengan mengandalkan asumsi wilayah layanannya tidak terjamah kompetitor. Pada kenyataannya semua berekspansi dan memperluas coverage. Nama baik yang terwakili oleh kualitas menjamin perusahaan survive dalam jangka panjang.
mbahdien said...
Mas lebih mending bisa nyampe 135 kbps. Di kompi saya, 50 kbps aja nggak mampu.

Kalo tulisan ini diangkat di dunia maya,saya kira tidak terlalu berpengaruh dan saya yakin pihak InternetSampoerna masih tenang-tenang aja. Jadi sudah saatnya ada yang ngirim ke surat pembaca biar semua orang tahu tentang koneksinya.

Tempatku sendiri(Semarang) lemotnya bukan main. Udah tak komplainkan jawabannya pasti sama karena dikirim oleh mesin penjawab otomatis.

Yang saya herankan, meski belum siap infrastrukturnya, mengapa Ceria dipasarkan,apalagi disertai dengan kebohongan iklan segala dengan mengklaim speed nyampai 153 kbps sedang setengahnya saja tidak mampu? Jika itu di negeri Paman Sam sana saya yakin pasti sudah dituntut karena dianggap membohongi publik. Tapi kalau di negara kita, karena UU Perlindungan Konsumen masih sangat lemah, saya kira Ceria masih tenang melenggang mengaduk keuntungan tanpa memperdulikan apa yang jadi keluhan pelanggan.
Poside said...
Kecepatan biasanya ditulis Up To, maksudnya, itu kecepatan maksimal yang bisa dicapai. Tentunya kalau dibikin rentang jadi 0-153kbps, so its legally save.

Pertengahan Juni hingga pertengahan Agustus memang bikin emosi, tapi sekarang di tempat saya sudah lumayan nyaman lagi. Kabarnya ada pemasangan kabel fiber optik di daerah Semarang sana.

Nampaknya ceria memang tidak punya dana segar yang cukup, wong memang belum go publik. Ya akhirnya seperti ini. Dana operasional dan pengembangan bergantung uang masuk dari pelanggan, jadinya pengembangan selalu berjalan di belakang masalah, antisipasinya kurang.

Just my 2 cent. Sekedar opini saja.
Win said...
Damm...ditmpt g..baru g mau coba udah hilang signal,akhrnya saya pakai antena outdoor cuma dapat 1 balok signal,ya pertama g coba lumayan 10kbps...tapi makin malam jadi 1kbps apes g...didesa g boleh dibilang yang pakai ceria bs dihitung pakai jari,tapi tetap aja inetnya lemot...tp omong di omong udah bersyukurlah,download udh bisa diatas 10kbps,dari pada saya pakai m2 indosat cm 3kbps nunggu 3g masuk ampe bekarat tu tower ampe g bercucu mngkn blm ada haha...
BudiTyas said...
Hehe, sudah setengah bulan ini kenceng terus bro. Sinyal mentok wong tetanggaan sama tower. Download rata - rata 10Kbps. Klo pas kenceng bisa sampe 15Kbps. Untuk unlimited murah sudah bagus tu bro, pa lagi magrib - magrib juga masih normal. Koneksi saya yg lain klo magrib tewas. Ikutan buka puasa juga kali yaa. Klo saya ada kendala, saya biasa ngamuk - ngamuknya di sini bro :D, ga tega terus2an ngelabrak CS nya, hehe...
BudiTyas said...
Hari ini ceria lemot abis. Tingkat erornya tinggi bgt. Nggak bisa buka apa - apa. Ini ngeinfo juga pake kartu as. Padahal lg ada kerjaan desain web, hrs klar hr ini. Fyuh... Bawaannya jd pingin ngamuk aja...
ameers said...
setau a ye ceri internet unlimited mantep bro,gue tinggal d sungau lilin musi banyuasin palembang di sini nggak ada 3g cuma gprs sblmny a ye pake m2 brom unlimited kl browsing ok lah tp kl download harus sabar krn lemot abess..tp ceria mantap khususnya untuk daerah yg tidak ada sinyal 3g nya.
BudiTyas said...
Ups hampir kelupaan update post yang ini. Trouble di atas itu cuman 2 hari. Sekarang udah kenceng lagi bro. Emang kalo dibanding yg lain, ceria paling mendingan.
Evil Word said...
ceria gw untuk browsing mah cepet, tapi kalo udah dipake buat download rata2 speednya cuma 9-10 Kbps, waktu pas pertama gw beli tu modem bulan september 2009 downloadnya bisa ampe 30 Kbps minimal standarnya se 18 Kbps, gak tau kok sekarang untuk download jadi turun drastis gini padahal gw dah pake IDM buat download yg katanya bisa mempercepat download,,,,,
gw bingung aja kenapa kok bisa jdi lemot gitu downloadnya?????
Sekarang kok sdh ndak ada lagi ya ? Kenapa ? Kalo semisal bisa di ganti dengan kartu perdana selain perdana ceria Gimana Caranya apa harus ada onderdil yang harus di ganti ? Sayang nie tergeletak begitu saja setelah Sampoerna Ceria Internet sdh tidak ada lagi..... Trim sebelumnya atas informasinnya

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e