Memanfaatkan Keluarga Google

Apa yang dimaksud keluarga Google? Mudahnya, keluarga Google adalah produk - produk Google yang saling terkait satu sama lain yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tertentu. Saat mulai intens memanfaatkan internet, memanfaatkan salah satu dari keluarga Google ini bisa dibilang adalah kepastian, paling tidak search enginenya, google.com atau google.co.id. Untuk seorang blogger, keluarga Google yang wajib dimiliki adalah :



1. Gmail
Gmail merupakan layanan email dari Google yang menjadi sentral layanan. Dengan memiliki email di Gmail, maka login ke layanan - layanan Google yang lain akan lebih mudah. Bahkan jika anda sudah login ke Gmail, layanan Google yang lain sudah secara langsung bisa diakses tanpa harus berulang kali memasukkan user name dan password.

2. Blogger blogspot
Blogger blogspot adalah media publikasi gratis yang disediakan oleh Google. Selain mudah dan multibahasa, blogger adalah sarana publikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pendapatan via internet, salah satunya melalui adsense.

3. Google Webmaster tools
Webmaster tools adalah layanan Google yang berfungsi untuk memantau performa konten/isi blog dari sudut pandang mesin pencari. Hampir semua pengakses internet memanfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan informasi. Dengan memanfaatkan webmaster tools, maka kualitas blog dalam pandangan mesin pencari dapat ditingkatkan sehingga kemungkinan untuk mendapat limpahan pengunjung dari mesin pencari lebih besar.

4. Google Analytics
Google Analytics adalah layanan Google untuk memantau performa blog dari sudut pandang jumlah kunjungan. Dengan memanfaatkan Google analytics, pemilik blog bisa mengetahui jumlah kunjungan pada blognya, berasal dari belahan dunia mana saja, datang melalui situs lain atau search engine, dan masih banyak lagi. Maksimalisasi kualitas konten blog dengan memanfaatkan webmaster tools hasilnya (dalam bentuk jumlah kunjungan) dapat dipantau menggunakan Google analytics.

5. Google Insights
Masih terkait dengan mesin pencari, Google insights berfungsi untuk memantau apa saja yang biasa dicari orang melalui mesin pencari. Hal paling menarik dari Google insights adalah kemampuan filtering lokasi dan rentang waktu. Jadi, anda bisa mengetahui apa yang dicari oleh pengguna Internet di Indonesia dalam periode tertentu, atau kata apa saja yang mengalami peningkatan animo pencarian di minggu - minggu terakhir. Jika belum banyak situs yang menyediakan informasinya, anda bisa segera ambil bagian untuk menyediakan informasi tersebut dan tampil di halaman depan hasil pencarian search engine.

6. Google Adsense
Jika anda ingin mendapatkan penghasilan dari blog, maka ini salah satu layanan dari Google untuk menghasilkan uang melalui ad placement atau penempatan iklan di blog anda. Adsense membayar anda untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung blog, untuk tiap X kali penayangan iklan, dan untuk hal - hal lain yang masih terus ditambah dan dikembangkan. Meski mudah, tetap ada syaratnya. Blog anda harus berbahasa Inggris.

Sebenarnya banyak sekali layanan dari Google, namun untuk seorang publisher blog, keluarga kecil Google yang terdiri dari 6 layanan di atas adalah yang terpenting. Sebenarnya ada tambahan 1 lagi, yaitu feedburner, namun itu akan ditambahkan kemudian bersama dengan youtube dan layanan Google yang lain sehingga membentuk sebuah keluarga besar. Keluar yang sakinah, mawadah, warohmah, murah meriah di Internet (^_^).
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

2 komentar:

the fachia said...
Pertamax nih kayaknya..

mantap nih infonya.. :)
BudiTyas said...
:D

Menjadi pertamax di sini super gampang...

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e