Berlangganan Feed, Beragam Cara dan Fungsinya

Feed RSS atau umpan, adalah format khusus sebagai langkah menyebarluaskan konten atau materi artikel. Dengan adanya feed, anda bisa dengan mudah mendapat informasi jika ada update atau artikel baru dari situs atau blog yang anda ikuti. Nah, sebenarnya apa manfaat berlangganan dan bagaimana caranya?


Pertamax!
Jika anda berlangganan artikel dari blog yang ramai dikunjungi, maka anda punya kans untuk memberikan komentar pertama saat artikel baru diterbitkan. Seperti anda tahu, komentar pertama dari sebuah blog yang memiliki traffic tinggi visibility-nya juga tinggi. Jika anda punya blog yang terlink di sana, kemungkinan untuk dikunjungi juga tinggi, apalagi jika komentar anda komentar yang cerdas.

Informasi Segar
Dengan berlangganan feed, maka anda selalu memperoleh informasi segar dalam bentuk yang lebih sederhana. Sekedar text yang ringan. Jika menurut anda menarik, bisa langsung anda datangi sumber situsnya. Jika tidakpun anda bisa mengabaikannya.

Memperkaya Keyword
Ini berfungsi jika anda pasang feed di blog anda. Tahukah anda bahwa feed juga diindex oleh google? Ya, feed juga diindex. Dengan memasang feed di situs anda, anda bisa kebanjiran traffic tanpa pernah sekalipun menuliskan materi. OK, jangan lantas bergantung cara ini untuk membangun traffic. Gunakan cara ini untuk memandu anda dalam membuat post baru. Jadi sebelum anda membuat post, index sudah ada di google, anda tinggal membuatnya menjadi lebih lengkap dan menarik dalam bahasa anda sendiri. Seperti kita tahu, lebih cepat terindex oleh google, posisi SERP juga lebih baik.

Selanjutnya adalah tentang cara berlangganan. Untuk berlangganan feed, caranya beberapa macam, diantaranya : lewat email, via feed reader, atau melalui widget blog.

Feed via eMail
Untuk berlangganan feed via email, caranya sangat mudah. Tinggal anda masukkan saja alamat email ke kotak berlangganan, maka tiap kali ada artikel baru, anda akan mendapat kiriman. Kelebihan dari cara ini adalah pengarsipan jadi lebih mudah. Artikel aman, tidak hilang. Cara ini menarik untuk artikel - artikel berkualitas dengan repetisi post rendah, jadi email anda tidak penuh dengan artikel umpan.

Feed via Reader
Untuk cara inipun sangat mudah. Penyedia reader sangat banyak di internet, mulai dari google reader, bloglines, dan masih banyak lagi. Anda tinggal mendaftar ke layanan tersebut, lantas memasukkan alamat feed dari situs - situs langganan anda. Kelebihan cara ini adalah memisahkan email anda dari feed, aman, dan tersinergi dengan feed - feed situs yang dilanggani pengguna lain di feed reader yang sama. Selain itu, anda tidak harus memiliki blog atau situs untuk sekedar berlangganan.

Feed via Blog
Untuk ini, anda harus punya blog. Karena saya menggunakan blogger blogspot, yang saya bahas hanya untuk blogger blogspot saja. Untuk blogger blogspot, cara menampilkan feed di blog ada dua cara.

1. Dengan widget feed
Widget ini bisa didapatkan di editing layout pada tambah widget. Dengan memilih widget ini, anda bisa menampilkan maksimal 5 artikel terbaru dari situs langganan anda. Bentuknya tidak full. Sekedar judul dan sedikit informasi tentang isi. 5 artikel itu akan terus berganti isinya seiring hadirnya artikel - artikel baru. Bagi anda yang ingin mengoleksi artikel, cara ini tentu tidak efektif. Namun bagi blog yang selalu update informasi, cara ini sangat praktis. Bukankah halaman yang paling sering anda akses adalah halaman blog anda sendiri?

2. Dengan widget daftar blog
Widget ini menurut saya adalah widget paling powerful yang disediakan oleh blogger blogspot. Secara fungsi, ia digunakan untuk melist feed blog - blog/situs langganan dan hanya menampilkan artikel terbaru saja. Kelebihan widget ini adalah kemampuannya menyortir feed, jadi artikel paling baru tampil paling atas diantara feed - feed yang ada. Tampilan widget ini bisa anda lihat di bagian kanan bawah blog ini. Di sana saya mendaftar feed beragam situs berita. Situs yang artikelnya paling segar otomatis tampil paling atas. Manfaat widget ini sangat besar, misalnya saja bisa anda lihat di post Memaksimalkan Traffic Melalui Kata Kunci Tak Terprediksi dan RSS, SEO, Niche Topic, dan Informan Dadakan. Dua post itu memberikan gambaran bahwa anda bisa kebanjiran traffic dari search engine tanpa menulis secuilpun tentang bahasan yang dicari.

Demikian kurang lebihnya mengenai feed RSS. Jika anda berminat berlangganan artikel dari blog ini, anda bisa melihat informasinya di tab berlangganan di bagian kanan atas blog ini, berjajar dengan tab komentar, pencarian, dan post terbaru. Atau jika anda malas membuat feed situs - situs berita, anda kunjungi saja blog ini. Feed situs berita sudah dipisah - pisah dalam sub bahasan dan terorganisir rapi untuk mempermudah memperoleh info terbaru yang menarik. Cara ini efektik untuk saya, atau mungkin juga anda yang sama - sama fakir benwid dan malas dengan taburan iklan.

Ada yang berminat blognya saya pasang di widget feed saya? Mari bertukar umpan. Saya akan pasang feed blog anda di bagian samping blog ini. Syaratnya gampang saja. Anda rajin update, jadi bisa bersaing dengan feed - feed saya yang lain untuk berlomba - lomba tampil di toplist (update terbaru selalu tampil paling atas). Jika dalam 2 minggu tidak ada update, biasanya feed saya lepas ^_^.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

4 komentar:

Dinda Watson said...
semuanya pernah saya praktekkan
yamintola said...
makasih infonya, bermanfaat!
SECRET METODE said...
Thanks Untuk Infonya
hasan mat said...
Sip...

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e