Spekulasi Bom : Motifnya Ekonomi

Dengan membom hotel tempat CEO asing sarapan, yang ditarget nampaknya ekonomi, investasi, terutama investasi asing. Bom dan perkembangan investasi asing seperti minyak dan air. Saat presiden saat ini menggunakan strategi memutar roda ekonomi dengan masuknya investasi asing, sasaran lawan - lawannya jelas. Secara halus atau kasar, cegah masuknya investor asing apapun caranya.

Cara pertama, menggoalkan kandidat - kandidat yang 'nampaknya' anti asing secara demokratis sudah gagal. SBY bisa dipastikan menang telak. Cara untuk 'mengusir' investor tinggal satu, cara kasar. Bikin iklim investasi tidak kondusif untuk asing sehingga asing tidak mau masuk. Imbasnya nyata dan langsung. Three terimbas karena MU batal datang. Bos Holcim tewas. Entah apa lagi nanti kelanjutannya.

Jika boleh menebak, yang ada di balik ini tentunya siapapun, terutama pengusaha2 lokal yang maunya diproteksi, yang tidak berani bersaing head to head dengan asing. Perkara teknisnya tidak sulit. Entah pakai jasa teroris tukang brainwash otak - otak yang silau sorga ala al qaeda, atau martir catutan yang ingin keluarganya kaya raya, itu sekedar teknis yang sederhana.

Apakah ini terkait politik? Tentu saja. Naif sekali jika mengatakan bahwa pesta triliunan memilih presiden itu murni 'demi rakyat'. Tentu ada bos - bos pemodal besar yang menjagokan kandidat tertentu untuk maksud tertentu. Dan dengan kemenangan SBY, hajat bisnisnya dalam bahaya. Belajar dari kisah manusia (plus telenovela), tidak ada yang lebih kejam dari keserakahan. Motif ekonomi memang sering membawa kisah - kisah yang mengenaskan.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

3 komentar:

Pertamax dulu deh. Salam kenal mas, wah kata-kata Postingannya berat sekali nih, apa nembak keyword ya..
Dinda Watson said...
ckckkckck
BudiTyas said...
Lagi berusaha bikin kontroversi, wkwkwk...
cukup panas ga ya postingannya? Klo blom tak tambah minyak.. :D

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e