Mencari Uang di Internet Secara Gratis dengan Iklan PPC

Mendapatkan penghasilan melalui media Internet tidak selalu butuh uang. Banyak cara gratis yang bisa ditempuh. Kali ini, poside akan sedikit membahas tentang cara mencari uang secara gratis dengan iklan PPC. Prosedur yang digunakan adalah step by step dari yang paling dasar, cocok untuk pemula. Baiklah, kita mulai saja.


1. Membuat Akun Email
Akun eMail atau surat elektronik adalah langkah awal untuk masuk ke bisnis internet karena dari surat menyurat itulah transfer informasi antara anda dan penyedia layanan berlangsung. Karena untuk langkah - langkah ke depat akan sering berkaitan dengan layanan gratis dari google, maka email yang saya sarankan adalah email dari google juga, yaitu gmail yang beralamat di gmail.com. Silahkan mendaftar dulu. Caranya sangat mudah karena gmail sudah mendukung bahasa Indonesia. Langkah demi langkah bisa anda ikuti secara gamblang.

2. Membuat Media Publikasi

Nah, setelah anda memiliki email, anda bisa mulai melangkah ke pembuatan media publikasi. Pilihan ada bermacam - macam, mulai dari blog, website, hingga forum. Karena sekarang kita fokus ke yang mudah dan gratis, pilihan jatuh pada blog. Blog gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mencari uang di Internet adalah layanan blog dari google, yaitu blogger blogspot yang beralamat di blogger.com. Cara pendaftaran sangat mudah karena selain singkat dan sederhana, interfacenyapun mendukung bahasa Indonesia. Di sana nanti anda hanya akan diminta memilih alamat blog dan desain blog dimana sudah disediakan oleh blogger. Setelah anda mulai memahami cara kerja blog dan mulai menikmati membuat artikel demi artikel, maka anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu memasang iklan dari penyedia layanan iklan.

3. Memasang Iklan
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, iklan yang akan kita pasang adalah iklan jenis PPC atau Pay Per Click. Iklan jenis ini akan membayar anda untuk setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog. Agar iklan tersebut tampil di blog anda, maka tugas anda adalah memasang kodenya di blog anda. Penyedia iklan yang akan kita pilih adalah penyedia iklan lokal, karena hanya penyedia iklan lokal yang proses pengiriman dananya bisa lewat transfer bank. Selain itu penyedia iklan lokal ini mendukung blog berbahasa Indonesia sehingga lebih mudah bagi pemula yang ingin terjun ke bisnis online. Beberapa penyedia PPC lokal diantaranya adalah :

kumpulblogger.com
Adsensecamp.com
kliksaya.com
dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak, anda bisa mencoba mulai dari kumpulblogger.com karena selain mudah, tidak banyak persyaratan yang ia ajukan. Prosedur yang akan anda lewati diantaranya; mendaftarkan diri atau register, lalu mendaftarkan alamat blog yang ingin anda pasangi iklan, kemudian anda akan mendapat kode yang harus anda pasang di blog anda.

Setelah anda mendapat kode dari penyedia PPC, anda buka dashboard atau ruang editing blog anda. Cari bagian tampilan dimana anda bisa menambah widget baru. Pilih widget html/javascript. Kemudian paste kode yang telah anda dapat dari penyedia iklan PPC tadi ke widget tersebut. Setelah tersimpan, maka kode tersebut akan memunculkan iklan di blog anda dan siap untuk menghasilkan pendapatan. Setelah mesin bisnis internet anda siap, tugas anda belum selesai. Masih ada tugas tambahan untuk anda.

4. Mempopulerkan Blog Anda
Nah, ini adalah yang paling sulit. Membuat blog anda ramai dikunjungi bukan perkara mudah. Selain harus menyediakan konten atau artikel yang bermanfaat, anda harus memperkenalkan blog dan mulai memperhatikan beragam seni mengoptimasi situs untuk mesin pencari. Banyak hal yang perlu anda lakukan, diantaranya :
- Blog walking, atau mengunjungi blog - blog lain untuk berkomentar/bersilaturahmi sekaligus memasang link menuju blog anda.
- Mendaftarkan artikel - artikel anda ke situs - situs social bookmarking. Situs - situs seperti ini berfungsi untuk memamerkan artikel anda di komunitas para pengguna Internet. Situs social bookmark lokal misalkan saja lintasberita.com dan infogue.com, sedang yang manca diantaranya stumbleupon.com,digg.com,del.ico.us, dan masih banyak lagi.
- Mendaftarkan diri ke situs kemunitas blog semacam blogcatalog.com atau mybloglog.com sehingga blog - blog anda bisa nampang di sana.
- Mengoptimasi situs untuk mesin pencari. Ini yang terpenting, biasa disebut SEO atau search engine optimization. SEO adalah seni untuk membuat artikel anda tampil di halaman depan search engine saat pencari informasi mengetik suatu kata kunci.

Disamping itu, jangan lupa memasang tool statistik untuk memantau perkembangan blog anda. Anda bisa mulai mencoba tool statistik yang disediakan oleh mypagerank.com untuk memantau jumlah kunjungan. Cara memasangnya sama dengan cara memasang kode iklan PPC.

Nah, demikian tahap - tahap untuk mencari uang melalui internet dengan cara yang gratis. Tidak perlu tergesa - gesa, jalani saja setahap demi setahap secara konsisten. Setelah anda mencapai tahap ke empat dan blog anda ramai dikunjungi, anda bisa melirik jenis - jenis bisnis/monetisasi lain yang lebih profitable seperti paid review, afiliasi, atau lainnya. Demikian saja artikel kali ini, jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya di kotak komentar. Untuk menambah motivasi, anda juga bisa mengunjungi blog motivasi bisnis duitrilex.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

3 komentar:

Yep said...
Sip...tips yang menarik
btw linknya juga sudah aku taut ya ? :)
BudiTyas said...
Oke oke :) Tengkyu.
pak kuat said...
BOLEH JUGA TUCH ,MW COBA AHH .BOLEH JUGA TUCH ,MW COBA AHH .

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e