Jika anda mempunyai website atau blog, sering terjadi satu halaman memiliki alamat yang lebih dari satu. Contohnya saja untuk blog ini. Ada sebagian artikel yang memiliki lebih dari satu alamat, terutama jika artikel tersebut berisi komentar. Misalkan saja artikel berikut :
http://poside.blogspot.com/2009/03/bisnis-baru-fokus-ke-selling-bukan.html
memiliki alamat lebih dari sepuluh dimana setiap komentar memiliki alamatnya sendiri dengan pattern sebagai berikut :
http://poside.blogspot.com/2009/03/bisnis-baru-fokus-ke-selling-bukan.html?showComment=1236683760000#c4138393008731103714
http://poside.blogspot.com/2009/03/bisnis-baru-fokus-ke-selling-bukan.html?showComment=1236686340000#c8711709400081242260
Alamat - alamat di atas menuju ke halaman yang sama.
Google adalah mesin pencari yang mengindex berdasar link. Jika tidak ada rel=canonical, google akan mengulang kegiatan pengindexan di halaman identik yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Untuk itulah google menekankan agar suatu website mengaplikasikan rel=canonical di blog/website mereka. Dengan rel="canonical", maka google tidak harus bersusah payah mengindex yang tidak perlu, sedang pemilik situs, terutama yang pakai hosting berbayar, bisa lebih menghemat bandwidth karena link - link tambahan tersebut tidak berulang kali dicrawl google hanya untuk dimasukkan ke kategori duplicate content.
2 komentar:
Post a Comment
Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.