Seorang yang biasa berada di lingkungan high clas, akan bersandar pada realitasnya sebagai member club high clas. Mereka yang bergumul dengan kalangan bawah, tentu strategi pemasarannya juga tidak jauh - jauh dari harga murah. Setiap pemasar yang lepas data akan terjebak tempurung realitas sosialnya.
Pemasar dari perusahaan besar bisa mendapatkan data dengan mudah. Entah karena berlangganan jasa AC nielsen, punya tim survey sendiri, atau semacamnya. Yang jelas, perusahaan besar selalu saja punya kelebihan tertentu yang tdak sanggup digapai oleh pemasar perusahaan - perusahaan kecil. Jadi pemasar perusahaan besar memang enak.
Kesimpulannya, jika perusahaan kecil, akan lebih baik memilih pemasar dari kalangan pengguna jasa produknya. Selain sejalan, paling tidak tingkat error analisa akibat lack datanya lebih rendah. Tanpa teman baik, cuma itu nampaknya solusi yang mungkin dijalankan.
Ini tentunya juga tidak lepas dari pemasar capres kemarin yang dibahas di Analisa Hasil Pemilu Pilpres 2009. Sorry Pak JK. Marketing anda mungkin kurang data, juga lemah dalam survey hingga membubarkan diri. Meski iklan bagus, tapi kurang tepat sasaran. Just my 2 cent.
6 komentar:
Kalah Strategi marketing kali mas pak JK :D
Kok jadi ngomongin pemilu sih... :D
Ributnya juga baru mulai kok :D, ntar pasti tambah meriah ngeributin hasil pilpres
Post a Comment
Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.