Data Statistik : Teman Baik Ahli Marketing

Ya, data statistik adalah teman baik seorang ahli pemasaran. Seorang ahli pemasaran yang jempolan, misalkan ia bergelut dengan imajinasi liar sekalipun, tidak akan lepas dari yang namanya data, terutama data yang bisa dianalisa. Seorang yang lepas dari data, imajinasinya, strateginya, seringkali muncul dari persepsi. And you know what? Persepsi itu mudah sekali salah. Persepsi selalu dibatasi oleh kebiasaan dan lingkungan.


Seorang yang biasa berada di lingkungan high clas, akan bersandar pada realitasnya sebagai member club high clas. Mereka yang bergumul dengan kalangan bawah, tentu strategi pemasarannya juga tidak jauh - jauh dari harga murah. Setiap pemasar yang lepas data akan terjebak tempurung realitas sosialnya.

Pemasar dari perusahaan besar bisa mendapatkan data dengan mudah. Entah karena berlangganan jasa AC nielsen, punya tim survey sendiri, atau semacamnya. Yang jelas, perusahaan besar selalu saja punya kelebihan tertentu yang tdak sanggup digapai oleh pemasar perusahaan - perusahaan kecil. Jadi pemasar perusahaan besar memang enak.

Kesimpulannya, jika perusahaan kecil, akan lebih baik memilih pemasar dari kalangan pengguna jasa produknya. Selain sejalan, paling tidak tingkat error analisa akibat lack datanya lebih rendah. Tanpa teman baik, cuma itu nampaknya solusi yang mungkin dijalankan.

Ini tentunya juga tidak lepas dari pemasar capres kemarin yang dibahas di Analisa Hasil Pemilu Pilpres 2009. Sorry Pak JK. Marketing anda mungkin kurang data, juga lemah dalam survey hingga membubarkan diri. Meski iklan bagus, tapi kurang tepat sasaran. Just my 2 cent.
Jika anda tertarik dengan artikel – artikel di blog ini, silahkan berlangganan gratis via RSS Feed, atau jika anda lebih suka berlangganan via email, anda bisa mendaftar di Sini.

6 komentar:

Yep said...
He...he...kog jadi Pak JK ya ? :)
BudiTyas said...
Emang maksa, biar treadnya dibaca :D
Fachrulhilate said...
Hehehe :)
Kalah Strategi marketing kali mas pak JK :D
Kok jadi ngomongin pemilu sih... :D
BudiTyas said...
Haha, .. maklum masih suasana nyontreng :)
Ributnya juga baru mulai kok :D, ntar pasti tambah meriah ngeributin hasil pilpres
ichanx said...
gak ngerti marketing2an... :D
BudiTyas said...
Mending mbahas khilafah ya chanx :D

Post a Comment

Untuk lebih mudah berkomentar, pilih opsi Name/Url. Anda tinggal isi nama saja, plus alamat situs jika anda punya blog/website. Ayo berbagi opini.

 
poside by budityas |n|e